Kamis, 05 Mei 2011

Konsep Ketuhanan dalam Weda

      Yoga memiliki daya tarik tersendiri bagi para murid yang memiliki tempramen mistis dan perenung. Yoga secara langsung mengakui keberadaan Mahluk Tertinggi ( Isvara ). Tuhan menurut Patanjali merupkan purusa istimewa atau roh khusus yang tak terpengaruh oleh kerja, hasil, dan cara memperolehnya. Suku kata OM merupakan simbol Tuhan, dan pengulangan suku kata OM dan bermeditasi pada OM, haruslah dilaksanakan, sebab hal itu akan membawa pada perwujudan Tuhan.
      Filsafat yoga ini sebagian besar mengambil atau menitik ajaran Epistemologi dan metapisika dari filsafat samkhya yang mempunyai 25 prinsip akan tetapi dalam filsafat yoga hanya ditambahkan adanya Tuhan.  Yang sangat menarik dalam filsafat ini adalah praktek dari latihan yoga untuk mencapai viveka jnana atau pegetahuan untuk membeda – bedakan yang merupakan penunjang pada filsafat samkhya mengenai kebebasan. Tentu saja dalam filsafat yoga ini dipraktekkan cara pengertian mengenal fungsi – fungsi yang berhubungan dengan jiwa yang disebut Citta Vrttiniroda.

1 komentar:

  1. The best Tritanium teeth dog gloves - Tioga Springs
    The best Tritanium teeth dog babyliss pro nano titanium flat iron gloves at columbia titanium boots Tioga Springs. titanium ring Get the best ford edge titanium 2019 Tritanium teeth titanium cookware price on our store. Rating: 4 · ‎2 reviews

    BalasHapus